Memperingati Satu Abad Kadipaten, Badirian Akan Hadir Kembali Tahun Depan

Memperingati Satu Abad Kadipaten, Badirian Akan Hadir Kembali Tahun Depan

Kompaspemburukeadilan.com,
MAJALENGKA – Dalam rangka memperingati satu abad Kadipaten, Para pelaku seni budaya Kadipaten, Kabupaten Majalengka, bertemu membahas pembentukan struktur untuk event Badirian Is Back, di Desa Heuleut, Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka, Minggu (19/11/2023), sekitar pukul 09.00 WIB.

Event ini bertujuan untuk mengenal history atau sejarah Kadipaten dan membangkitkan pariwisata yang ada di kawasan ini umumnya di Majalengka

Aan Gaet salah satu pelaku seni budaya Kadipaten menuturkan, Event Badirian is Back ini tak lepas dari sejarah pabrik gula Kadipaten, sehingga masyarakat atau pelaku seni budaya ini ingin mengenang masa lalu atau bernostalgia dimana dulu Kadipaten ini pernah jaya semasa adanya pabrik gula ini.

 

Kawin tebu salah satu upacara adat yang diselenggarakan di kadipaten pada masa itu untuk menyambut panen raya tebu. Sejak ditutupnya pabrik gula, para pelaku seni budaya berinisiatif untuk menggantinya dengan kelahiran anak tebu sebagai simbol kelahiran Kadipaten.

“Dulu ada upacara adat kawin tebu, untuk menyambut panen raya tebu. Karena pabrik gula sudah ditutup, kami berinisiatif untuk menggantinya dengan istilah anak tebu, sebagai simbol kelahiran Kadipaten”, ujar Aan Gaet kepada media.

Anak tebu juga sebagai simbol penghormatan kepada para leluhur yang sudah berjuang membesarkan Kadipaten.

Acara yang akan diselenggarakan tahun depan ini, nantinya akan menampilkan seni budaya, kaulinan zaman baheula, juga edukasi untuk masyarakat. Selain itu juga akan ada perpaduan klasik-modern, yang akan dibuat kontemporer, seperti live music, seni rupa, seni tari, serta kesenian dan pagelaran lainnya yang nantinya akan ditampilkan di panggung seni budaya.

Acara Badirian ini sama dengan acara sebelumnya , namun akan lebih meriah lagi dengan berbagai penampilan yang akan ditampilkan nanti. Diharapkan dengan adanya acara ini akan menjadi icon Kadipaten yang akan diteruskan dari generasi ke generasi sebagai penerus.

Baca Juga  Rapat Kordinasi DPW & DPD, pembekalan, pemenangan, Partai Perindo Kalimantan Selatan

“Semoga ini menjadi moment yang reguler, menjadi sebuah icon Kadipaten yang akan diteruskan dari generasi ke generasi”, tambahnya.

Sementara untuk persiapan kegiatan ini, Aris Munandar selaku ketua ASPPERWI Kabupaten Majalengka, terkait hal ini masih dalam pembentukan struktur . Ia juga berharap event yang akan diselenggarakan nanti menjadi event tahunan yang dapat mengundang wisatawan untuk berkunjung ke Kadipaten.

“Dan kita berharap acara event ini menjadi event tahunan dan tercatat di Dinas Pariwisata Kabupaten Majalengka, supaya menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kadipaten”, ujarnya. (Pegy Sagita)

Alamat Redaksi

Jl. Andi Sammeng lorong pasar Kalola RW/RW : 002/002 Dusun Awotarae Desa, Kalola Kecamatan. Maningpajo Kabupaten Wajo.Provinsi Sulawesi Selatan Kode Pos: 90952

Kontak person
Redaksi@kompaspemburukeadilan.com
0852-5551-4777

Copyright © 2023 Kompaspemburukeadilan.com