Demo di kantor KPU Inhu Ricuh , 1 orang Terluka

Demo di kantor KPU Inhu Ricuh , 1 orang Terluka

INHU – Kompaspemburukeadilan.com Demontrasi terkait ketidakpuasan  di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indragiri Hulu (Inhu) berakhir ricuh, sempat terjadi bentrok fisik antara personel Kepolisian dengan pendemo, 1 orang luka serius.

 

Namun, dengan kesigapan dan kesiapan personel Polres Inhu, Polda Riau dibawah pimpinan Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya, S.I.K sangat professional dalam menangani masalah tersebut, sehingga dapat diselesaikan dengan baik hingga tuntas ke akarnya.

Rangkaian kejadian tersebut hanya simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) dalam rangka pengamanan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 yang dilaksanakan Polres Inhu bersama sektor terkait, Senin 16 Oktober 2023 siang di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Beringin, Kota Rengat.

 

Kapolres Inhu, melalui PS Kasubsi Penmas Polres Inhu, Aipda Misran, Selasa 17 Oktober 2023 menjelaskan, dalam simulasi itu, ada beberapa tahapan skenario yang telah dilaksanakan dengan baik dan dinilai sukses, hal ini dibuktikan dengan antusias masyarakat yang menyaksikan langsung simulasi tersebut.

Diantaranya, jelas Misran, berawal dari salah satu Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah dibuat sedemikian rupa untuk masyarakat melaksanakan pencoblosan. Petugas dan kelompok penyelenggara membawa logistik Pemilu dikawal polisi dan Linmas menuju TPS.

 

Masyarakat mulai berdatangan untuk mencoblos, ketika penghitungan suara, ada salah seorang tim sukses Pasangan Calon (Paslon) Y yang memprotes kecurangan dalam penghitungan suara, sehingga kericuhan mulai terjadi.

 

Kericuhan ini berlanjut dan berkembang hingga ke kantor KPU, bahkan dikantor KPU Inhu terjadi aksi demontrasi dan sempat terjadi bentrok fisik antara personel Kepolisian dengan pendemo, hingga akhirnya Kapolres Inhu bersama pihak terkait turun tangan dan menyelesaikan permasalahan atau sengeketa Pemilu tersebut dengan baik.

Hadir dalam kegiatan simulasi itu, Dandim 0302 Inhu, Letkol Kav. Dani Prasetyo Wibowo, S.Sos, M.IP, Kaban Kesbangpol Kabupaten Inhu, Bambang Indramawan, S.STP, M.SP, Ketua KPU Inhu, Yenni Meirida, S.E., M.M, Ketua Bawaslu Inhu, Dedi Risanto, S.IP, M.Si, para Kabag, para Kasat dan para Kapolsek jajaran Polres Inhu, para Komisioner KPU Inhu.

Baca Juga  Percepatan Penurunan Stunting Perlu Kelembagaan TPPS yang Kuat dan Mandiri

 

Camat Rengat, Poppy Bainurita, S.E., M.M, Sekcam Rengat Barat, Raja Zurihasni, S.STP, M.IP, Kabid Lalu Lintas Dishub Inhu, Agustian, S.E, perwakilan Satpol PP Inhu, Ronius Prawira, S.H yang diikuti puluhan personel Polres Inhu dan Batalyon Brimob Polda Riau di Batang Gansal.(**Mhd)

Alamat Redaksi

Jl. Andi Sammeng lorong pasar Kalola RW/RW : 002/002 Dusun Awotarae Desa, Kalola Kecamatan. Maningpajo Kabupaten Wajo.Provinsi Sulawesi Selatan Kode Pos: 90952

Kontak person
Redaksi@kompaspemburukeadilan.com
0852-5551-4777

Copyright © 2023 Kompaspemburukeadilan.com